Hmm..Pembaca semua tentu tahu “Google” khan ? hampir semua kebutuhan akan info tentang seseorang, sesuatu atau apapun..maka seringkali langkah pertama yg kita lakukan adalah..mencari ke Google.! Tapi, tidak banyak dari kita yang tau ttg Google itu sendiri. Apa itu Google, Siapa dibalik sukses Google dan Mengapa banyak orang menggunakan Google ?
Nach..berikut ini saya sajikan tulisan ttg Google yg saya sarikan dari website Google dan Kompas
Selamat Membaca!
PROFIL PERUSAHAAN
Google didirikan pada tahun 1998 oleh 2 orang mahasiswa program Ph.D di Stanford University, yaitu : Larry Page dan Sergey Brin. Pada bulan Juni 1999, perusahaan pribadi ini mengumumkan bahwa perusahaan memiliki sumber pendanaan sebesar $ 25 juta yang berasal dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Sequioa Capital.
Perusahaan Google ini bergerak dalam bisnis solusi pencarian web secara co-branded untuk para penyedia informasi melalui situs publik miliknya, http://www.google.com.
Perusahaan Google (selanjutnya disebut : Google) mempunyai misi untuk memberikan pengalaman terbaik dalam pencarian di internet, dengan mewujudkan informasi dunia yang mudah diakses dan bermanfaat.
Google, pembuat mesin pencarian terbesar di dunia, menawarkan kecepatan dan kemudahan pencarian informasi di internet. Dengan mengakses lebih dari 1,3 milyar halaman web, Google mengantarkan hasil yang relevan dengan semua pemakai di seluruh dunia dalam waktu kurang dari setengah detik. Saat ini, Google telah merespon lebih dari 100 juta permintaan pencarian dalam sehari.
MENGAPA MENGGUNAKAN GOOGLE
Mengapa banyak orang menggunakan Google ? Banyak orang menggunakan Google karena alasan kecepatan dan keakuratannya yang tinggi.
Google menggunakan kombinasi yang unik antara perangkat keras dan lunak yang canggih.
Kecepatan pencarian yang tinggi adalah hasil dari efisiensi algoritma pencarian yang dilakukan oleh beberapa ribu komputer-komputer yang berbiaya rendah, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.
Bagian terpenting dari perangkat lunak yang digunakan adalah PageRank(TM), yaitu sebuah sistem yang meranking halaman web yang dikembangkan oleh pendiri Google, Larry Page dan Sergey Brin di Universitas Stanford. Walaupun google mempunyai lusinan pekerja ahli yang meningkatkan segala aspek Google setiap hari, PageRank tetap menjadi fondasi bagi semua alat pencari Google.
TEKNOLOGI GOOGLE
Awal mula nama “Google” ini adalah berasal dari plesetan kata ‘googol‘, yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan ahli matematika Edward Kasner (USA), untuk menyebutkan angka 1 dan mempunyai 100 angka nol dibelakangnya. Perusahaan Google memakai kata ini untuk menjelaskan misi perusahaan untuk mengorganisasi sebegitu banyaknya informasi yang tersedia di internet dan didunia ini.
Saat ini perusahaan Google menggunakan teknologi terbaru yang sedang dipatenkan, yaitu : PageRank.. Bila dibandingkan dengan teknologi yang hanya menggunakan kata kunci atau metasearch, maka teknologi Google ini dapat menjamin bahwa informasi-informasi yang terpenting akan ditampilkan dahulu. Dengan teknologi PageRank yang inovatif serta tata tampilannya yang elegan tersebut, berhasil menempatkan Google di posisi yang jauh berbeda dari mesin pencarian generasi pertama yang ada saat ini.
PageRank menampilkan pengukuran yang objektif mengenai tingkatan halaman web dan diukur dengan cara menyelesaikan sebuah persamaan dengan 500 juta variabel dengan lebih dari 2 milyar kondisi. PageRank menggunakan struktur keterkaitan yang sangat luas seperti dalam sebuah struktur organisasi.napa
Pada intinya, Google menginterpretasikan sebuah keterkaitan dari Halaman A ke Halaman B sebagai sebuah “suara” oleh Halaman A untuk Halaman B. Google menilai pentingnya halaman web berdasarkan perolehan suara yang diperoleh. Google juga menganalisa halaman yang memberikan suara.
Metode-metode pencarian Google yang otomatis dan kompleks tidak membolehkan adanya gangguan dari manusia. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google disusun agar tak seorangpun dapat membeli “tempat yang lebih tinggi” di hasil pencarian atau mengubah hasil pencarian untuk tujuan komersial. Pencarian Google adalah pencarian yang jujur dan obyektif dalam mencari website yang bermutu tinggi dengan cara yang mudah.
PageRank (TM)
PageRank tergantung pada sifat demokratis web yang unik dengan menggunakan struktur linknya yang kuat sebagai indikator dari nilai sebuah halaman.
Intinya, Google menginterpretasikan link dari halaman A ke halaman B sebagai sebuah pilihan (vote), oleh halaman A, untuk halaman B. Tetapi, Google melihat lebih dari sekadar jumlah pilihan, atau link yang diterima oleh seuatu halaman; Google juga menganalisis halaman yang memberi pilihan tersebut. Pilihan yang diberikan oleh halaman yang sendirinya juga “penting” berbobot lebih tinggi dan membantu membuat halaman lain “penting”. Situs yang penting dan berkualitas tinggi akan memperoleh lebih banyak PageRank, dan akan diingat oleh Google pada tiap-tiap pencarian. Tapi halaman yang penting tetap saja tidak berguna bila ternyata tidak sesuai dengan keinginan si pencari informasi. Oleh karena itu, Google mengkombinasikan PageRank dengan teknik pembandingan teks untuk mencari halaman web yang penting dan relevan dengan apa yang dicari. Google lebih dari sekedar menghitung jumlah keberadaan kata dalam sebuah halaman dan memeriksa segala aspek dari isi halaman (termasuk halaman-halaman yang terkait) untuk memutuskan apakah halaman tersebut cocok dengan apa yang dicari.
Integritas
Metode Google yang kompleks dan terotomatisasi sangat menyulitkan gangguan dari pihak manusia untuk mengacaukan hasil pencarian. Walaupun google menyajikan iklan yang relevan di atas dan di samping hasil pencarian, Google tidak menjual prioritas penempatan dalam urutan hasil (tidak ada yang bisa membeli PageRank). Pencarian dengan Google merupakan sesuatu yang mudah, jujur, dan obyektif untuk menemukan situs web berkualitas tinggi dengan informasi yang relevan dengan apa yang dicari.
MANFAAT MENGGUNAKAN GOOGLE
Manfaat lainnya yang bisa didapatkan sehingga orang menggunakan Google adalah sbb :
- Karena Google memberikan hasil pencarian yang relevan –paling pertama dan cepat ! Sejumlah besar informasi di Internet membutuhkan layanan pencarian yang sempurna untuk mengelola informasi sehingga dapat diakses dan berguna. Tanpa perlengkapan pencarian yang sangat berdaya guna, mencari suatu website tertentu sangat sulit, untuk tidak mengatakan mustahil.
- Google membawa keteraturan pada internet. Google dirancang untuk menciptakan keteraturan pada kekacauan informasi. Inilah sebuah layanan pencarian seharusnya; bukan sebuah direktori yang diedit, atau dibatasi atau sebuah daftar dari hasil yang sudah didapat dari pencarian yang paling banyak, tetapi sebuah metode pengorganisasian internet berdasarkan strukturnya itu sendiri.
- Google memungkinkan penggunanya untuk mencari lebih dari 1 juta URL. Indeks Google, yang terdiri dari lebih 1 juta URL, adalah yang pertama dari jenisnya dan mewakili koleksi yang komprehensif halaman-halaman web yang berguna di Internet.
- Google hanya memberikan hasil halaman-halaman yang mengandung kata-kata yang diinputkan ke field. Tidak seperti mesin pencari lainnya, Google hanya menghasilkan pencarian yang cocok dengan semua kata yang diinputkan, baik itu dalam teks suatu halaman atau dalam link-link yang menuju ke halaman tersebut. Tidak ada lagi frustrasi dengan hasil yang tidak ada hubungannya dengan kata-kata yang dicari.
- Google melokasikan kata-kata yang dicari dalam suatu halaman. Hasil pencarian Google tidak hanya mengandung semua kata-kata yang dicari, tetapi Google juga menganalisa kedekatan kata-kata tersebut di dalam suatu halaman. Tidak seperti mesin pencari yang lain, Google memprioritaskan hasil menurut kedekatan kata-kata yang dicari. Google mengutamakan hasil yang mendekati kata-kata yang dicari, sehingga memerlukan waktu yang singkat dalam mengelola hasil yang tidak relevan.
- Google menawarkan preview yang relevan untuk setiap hasil. Menghindari ringkasan halaman web yang tidak pernah berubah, Google menyerap teks yang cocok dengan kueri sipencari informasi di dalam hasil pencarian. Fitur ini menghemat waktu dan frustrasi dalam me-loading halaman web yang tidak relevan.
- Google bisa membuat si pengguna merasa beruntung ! Google sangat hati-hati dalam menghasilkan hasil yang paling tepat untuk pencarian yang umum seperti nama-nama perusahaan. Google sangat percaya diri, bahkan meng-instal tombol “I’m Feeling Lucky™”, yang membawa pengguna langsung ke website dari hasil pencarian yang pertama. Fitur Google “I’m Feeling Lucky™” dirancang untuk membawa si pengguna ke informasi dengan cepat.
- Google meng-cache halaman-halaman web. Google menyimpan banyak halaman web dalam cache nya untuk diambil kepada si pengguna sebagai back-up bilamana server halaman tersebut temporary failure. Melihat bahan-bahan yang di-cache ini seringkali lebih cepat daripada mengikuti link yang biasa, walaupun informasi yang didapat kurang up-to-date.
FITUR FITUR GOOGLE
1. Banyak Jalan ke Google : Toolbar Google
Toolbar Google (TM) memudahkan anda mencari informasi apapun dari Internet dan ini hanya memakan waktu yang sebentar untuk menginstall. Toolbar Google tersedia dengan gratis dan berisi banyak fitur, seperti “Google Search”, “Site Search”, “Pencarian Kata”, “Highlighting”, dan “PageRank”.
Dengan mengubah layout “Toolbar Google” maka Google akan menyajikan fitur fitur : “Saya Merasa Beruntung”, “Direktori Web Google”, dan tombol untuk membawa si pengguna masuk ke situs Google.
Persyaratan Sistem :
Dalam waktu ini, Toolbar Google hanya tersedia untuk Internet Explorer.
Google sedang berusaha untuk menyediakan Toolbar Google untuk sistem lain.
* Sistem Operasi Windows
* Internet Explorer 5.0+
* Install Toolbar Google
2. Direktori Web Google
Direktori Web Google menyusun web berdasarkan topik, sehingga si pengguna dapat menelusuri kategori-kategori untuk mencari kata kunci untuk digunakan dalam pencarian. Atau bisa dengan meng-klik link kategori khusus sampai menemukan halaman yang diinginkan. Jika telah menemukan secara tepat apa yang dicari dalam pencarian Direktori, maka si pengguna dapat memilih untuk mencarinya dalam seluruh Web dengan pergi ke Direktori Web Google
3. Fitur Khusus Google
3.1 Pencarian Gambar (BETA).
Pencarian Gambar Google merupakan mesin pencari gambar yang paling luas di Web, dengan lebih dari 250 juta gambar terindex dan tersedia untuk dilihat. Untuk menggunakan pencarian gambar, kunjungi halaman pencarian tingkat lanjut atau http://www.google.com/imghp?hl=id dan masukkan kata dalam kotak pencarian gambar, kemudian klik tombol “Cari”. Pada halaman hasil pencarian, klik saja thumbnail untuk melihat versi yag lebih besar dari gambar itu, juga halaman tempat gambar itu berada. (catatan : untuk mengaksesnya, tampilan bahasa si penguna harus di setting dalam bahasa Inggris dalam pilihan halaman). Gambar-gambar yang ditengarai oleh Pencarian Gambar Google mungkin dilindungi oleh hak cipta. Meskipun si pengguna dapat menentukan lokasi dan mengakses gambar itu lewat layanan Google, Google tidak bisa menjamin si pengguna untuk menggunakan gambar-gambar itu untuk tujuan apapun selain melihatnya di web. Dengan demikian, jika si pengguna ingin menggunakan gambar manapun yang ditemukan lewat layanan ini, Google menyarankan untuk menghubungi pemilik situs untuk memperoleh ijin yang dibutuhkan. Hasil yang terlihat dalam fitur ini mungkin berisi muatan untuk orang dewasa. Google mempertimbangkan beberapa faktor ketika menentukan sebuah gambar relavan dengan permintaan pencarian. Karena metode ini belum seluruhnya terbukti dapat digunakan oleh semua orang, maka sangat dimungkinkan ada beberapa gambar yang tidak semestinya terangkum dalam gambar-gambar yang tersaji. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai fitur ini.
3.2 Terjemahan Halaman Web.
Google memecah halangan bahasa dengan fitur baru terjemahan (BETA). Dengan menggunakan teknologi mesin penerjemahan, Google sekarang memungkinkan orang berbahasa Inggris untuk mengakses sejumlah halaman web non-Inggris. Jika hasil pencarian menampilkan hasil yang non-Inggris, akan ada sebuah link ke halaman versi terjemahan itu dalam bahasa Inggris. Juga jika si pengguna menginginkan judul-judul dan rangkuman hasil pencariannya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, memungkinkan opsi terjemahan pada halaman preferensi. Jika fitur ini diaktifkan, Google secara otomatis akan menerjemahkan hasil pencarian tersebut ke dalam bahasa Inggris.
3.3 Cari file PDF.
Hasil pencarian Google sekarang termasuk file Format Adobe Portable Document (PDF). Meskipun file PDF jumlahnya tidak sebanyak file HTML, seringkali format file ini memuat informasi yang bermutu tinggi yang tidak tersedia di tempat lain. Untuk menandai bahwa suatu hasil pencarian tertentu merupakan file PDF dan bukan suatu halaman web, tanda [PDF] muncul dalam teks warna biru di depan judul file. Hal ini membebaskan sipengguna untuk mengetahui bahwa proram itu, Acrobat Reader, akan terbuka untuk melihat file ini. Klik pada link judul di sebelah kanan tanda [PDF] untuk mengakses dokumen pdf itu. (Jika si pengguna tidak memiliki program Adobe Acrobat di komputernya, maka akan diarahkan ke halaman tempat dimana bisa mendownload program itu dengan gratis.). Untuk file-file DPF, link halaman “Tersimpan” digantikan dengan “Versi Teks”. Versi teks ini adalah salinan dari dokumen PDF yang semua perintah formatnya sudah dihilangkan. Jika si pengguna lebih memilih untuk melihat sekelompok hasil pencarian tanpa links PDF, maka ketik saja –filetype : pdf dalam kotak pencarian bersama dengan kata(-kata) yang dicari.
3.4 Link-link Terekam.
Google mengambil snapshot dari tiap halaman yang diuji ketika menjaring web dan menyimpannya sebagai cadangan jika halaman aslinya tidak tersedia. Jika sipengguna mengklik link “Tersimpan”, maka akan melihat halaman seperti ketika google meng-index nya. Muatan tersimpan itu merupakan muatan yang digunakan Google apakah halaman itu cocok dengan pencarian yang dilakukan. Ketika halaman tersimpan ditampilkan, maka akan tampak header pada sisi atas sebagai penanda bahwa halaman itu merupakan versi tersimpan dan bukan halaman itu sendiri. Istilah yang sesuai dengan yang dicari disorot dalam versi tersimpan sehingga memudahkan untuk mengetahui mengapa halaman itu relevan bagi si pengguna. Link “Salinan” tidak akan muncul untuk situs-situs yang belum di-index, juga bagi situs-situs yang pemiliknya telah meminta untuk menghapus isi hasil salinan.
3.5 Halaman Mirip.
Jika si pengguna mengklik link “Halaman Mirip” untuk mendapatkan hasil pencarian, maka Google akan secara otomatis membimbing ke halaman-halaman web yang berhubungan dengan hasil ini. Link “Halaman Serupa” punya banyak kegunaan. Jika si pengguna menyukai isi suatu situs, tapi berharap agar lebih banyak lagi yang dipaparkan, link ini dapat menemukan situs-situs dengan isi yang serupa yang mungkin tidak diketahui sebelumnya. Jika si pengguna mencari informasi produk, “Halaman Serupa” dapat menemukan informasi yang bersaing untuknya, sehingga dapat menemukan tawaran yang terbaik. Jika si pengguna tertarik pada penelitian di suatu bidang, Google dapat menolong menemukan sejumlah besar bahan referensi dengan cepat, tanpa menghabiskan waktu untuk memikirkan kata kunci apa yang mungkin digunakan dalam situs-situs tersebut. Google menemukan halaman yang mirip bagi jutaan halaman web. Meski demikian, semakin khusus suatu halaman web, semakin sedikit hasil yang bisa ditemukan dan disajikan. misalnya, Google mungkin tidak mampu menemukan halaman-halaman yang berhubungan dengan homepage pribadi seseorang, jika homepage itu tidak mempunyai cukup informasi yang bisa dihubungkan dengan halaman-halaman lain. Juga, apabila perusahaan menggunakan begitu banyak URL untuk halaman-halaman mereka (seperti google.com dan http://www.google.com), mungkin hanya sedikit informasi pada satu URL tetapi lebih banyak pada URL lain. Secara umum “Halaman Mirip” berhasil dengan baik pada sebagian besar halaman web.
3.6 Temukan siapa yang terhubung dengan Anda.
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Satu kata itu bagi Google, contohnya adalah kata link : operator, maka pencarian link: akan menampilkan semua halaman yang menunjuk pada URL itu.
contoh :
link:www.google.com akan menampilkan semua halaman yang menunjuk ke homepage Google.
Si pengguna tidak bisa menggabungkan pencarian link : dengan satu kata kunci pencarian.
3.7 Pembatasan Domain.
Beberapa kata, jika diikuti oleh sebuah titik-dua, mempunyai arti khusus bagi Google. Missal : kata “site:“. Untuk mencari sebuah domain atau situs khusus, gunakan sintaks “site:sampledomain.com” pada kotak pencarian Google.
3.8 Saya Merasa Beruntung.
Tombol “Saya sedang Beruntung™” secara otomatis membawa si pengguna langsung ke halaman pertama hasil pencarian. Si pengguna tidak akan melihat hasil pencarian yang lain. Pencarian “Saya Sedang Beruntung” artinya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk mencari suatu halaman web dan lebih banyak waktu untuk memperhatikannya.
Contoh :
untuk menemukan homepage Universitas Stanford, maka inputkan saja Stanford ke dalam kotak pencarian dan klik tombol “Saya Sedang Beruntung”. Maka Google secara langsung akan membawa ke “www.stanford.edu”, homepage resmi Universitas Stanford.
Reff :
www.google.com ;
www.google.co.id;
www.kompas.co.id
Leave a Reply